Integrasi Teknologi Augmented Reality (AR) dalam Pembelajaran PKn untuk Meningkatkan Pemahaman Nilai-nilai Kewarganegaraan Pada Siswa Sekolah Dasar

Pretiza Arsiva, Salsabila Nur’aini, Zulfa Nangimah, Wahyudi Wahyudi

Abstract

Augmented Reality (AR) merupakan teknologi yang menggabungkan dunia nyata dengan elemen digital yang dapat menciptakan pembelajaran lebih interaktif. Tujuan dari artikel ini adalah (1) mendeskripsikan konsep AR dalam bidang pendidikan, (2) mengidentifikasi nilai kewarganegaraan yang perlu dikembangkan siswa SD, dan (3) mengkaji model pembelajaran PKn berbasis AR untuk meningkatkan pemahaman nilai kewarganegaraan pada siswa SD. Metode yang digunakan yaitu kajian pustaka. Hasil dari artikel, yaitu; (1) konsep AR di bidang pendidikan, pemanfaatan AR sebagai media edukasi; (2) nilai kewarganegaraan yang perlu dikembangkan siswa SD yaitu: (a) tanggung jawab, (b) kepedulian sosial, (c) keadilan dan kesetaraan, (d) kepatuhan pada aturan, (e) partisipasi aktif, (f) toleransi dan keragaman, (g) semangat nasionalisme, (h) kritik yang membangun, (i) kerjasama, dan (j) integritas; (3) model pembelajaran PKn berbasis AR, meningkatkan pemahaman nilai kewarganegaraan siswa SD di antaranya: (a) Discovery-Based Learning, (b) Object-Modeling, (c) AR books, (d) Game Based Learning, dan (e) Skill training. Integrasi teknologi AR dalam pembelajaran PKn merupakan pendekatan yang inovatif dan efektif untuk meningkatkan pemahaman nilai kewarganegaraan pada siswa SD.

Keywords

Augmented Reality, Pembelajaran PKn, Nilai Kewarganegaraan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.