Pengembangan Penilaian Berbasis HOTS Untuk Memfasilitasi Kemampuan Berpikir Tingkat Tinggi Siswa Kelas III SDN 1 Sawangan
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji efektivitas penilaian berbasis HOTS (Higher Order Thinking Skills) untuk meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa kelas III SDN 1 Sawangan. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Develop, dan Disseminate). Penelitian lapangan dilaksanakan pada tanggal 10-14 Juni 2024. Subjek penelitian ini adalah peserta didik kelas III SDN 1 Sawangan yang berjumlah 17 orang. Data penelitian dikumpulkan melalui tes dan observasi. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) instrumen tes dikembangkan dengan menggunakan model 4D; 2) kelayakan instrumen tes mendapatkan rata-rata keseluruhan aspek sebesar 3,8 dengan kriteria sangat baik dan mendapatkan PA 93,5% dengan kriteria realiabel; 3) respon dengan 6 peserta didik mendapatkan persentase 76,4% dengan kriteria positif, sedangkan respon dengan 11 peserta didik mendapatkan persentase 93,9% dengan kriteria sangat positif; 4) keterlaksanaan pembelajaran petemuan I mendapatkan PA 87,7%, pertemuan II mendapatkan PA 89,7%, dan pertemuan III mendapatkan PA 91,7% sehingga diperoleh kriteria reliabel. Hasil reliabilitas dan hasil kelayakan menggunakan instrumen tes berbasis HOTS pada pendekatan saintifik kelas III SD dihitung menggunakan rumus PA. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa instrumen penilaian berbasis HOTS yang dikembangkan valid, reliabel, dan efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa. Kesimpulan penelitian ini adalah bahwa instrumen penilaian berbasis HOTS dapat digunakan untuk mengukur dan meningkatkan kemampuan berpikir tingkat tinggi siswa.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.