Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi dalam Implementasi Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Tangerang
Abstract
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengeluarkan program Kampus Mengajar dalam kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka(MBKM). Kampus Mengajar menghadirkan mahasiswa dari seluruh program studi di perguruan tinggi untuk berkontribusi dalam rangka penguatan literasi dan numerasi. Kabupaten Tangerang adalah salah satu daerah penempatan mahasiswa program Kampus Mengajar. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk melihat bagaimana implementasi program Kampus Mengajar, berikut peingkatan literasi numerasi siswa di salah satu sekolah dasar di Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan uji paired sample t-test. Hasil penelitian menunjukan bahwa implementasi program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Negeri Kecamatan Jayanti, Kabupaten Tangerang mampu meningkatkan kemampuan literasi dan numerasi siswa. Siswa-siswi menunjukkan peningkatan dalam kemampuan membaca, menulis, dan berhitung, serta peningkatan minat terhadap pembelajaran.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.