Pengembangan Bahan Ajar Evaluasi Pendidikan Berbasis Kasus Untuk Meningkatkan Keterampilan Menyusun Instrumen Penilaian Autentik Pada Mahasiswa S-2 Pendidikan Dasar

Endang Widi Winarni, Irwan Koto, Yusnia Yusnia, Ricke Leosita Utami, Marisha Herwanti

Abstract

Penggunaan bahan ajar evaluasi pendidikan berbasis kasus dapat mengakomodasi terjadinya peningkatan keterampilan mahasiswa menyusun instrumen penilaian autentik aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan.Tujuan penelitian tahun pertama, yakni: (1) Mendeskripsikan lingkup materi bahan ajar evaluasi pendidikan, pemahaman awal mahasiswa tentang instrumen penilaian autentik, desain bahan ajar  evaluasi pendidikan berbasis kasus. Metode penelitian ini adalah pengembangan dengan model Analysis, Desain, Develop, Implementation, dan Evaluation (ADDIE). Subyek penelitian adalah mahasiswa S2 Pendidikan Dasar tahun 2023 JIP FKIP UNIB.  Instrumen penelitian lembar analisis dokumen, kuesioner dan tes kemampuan awal. Teknik pengumpulan data member check, observasi dan tes. Teknik analisis data secara deskriptif. Hasil penelitian adalah: (1)  tahap analisis untuk memetakan lingkup materi ajar mata kuliah evaluasi pendidikan; dan (2) tahap desain adalah rancangan sistematika bahan ajar evaluasi pendidikan berbasis kasus. Simpulan dalam penelitian ini adalah pemahaman awal mahasiswa menunjukkan nilai tertinggi pada aspek tujuan dan lingkup penilaian hasil belajar aspek sikap/afektif dan pemahaman terendah pada aspek prosedur penyusunan instrumen penilaian hasil belajar aspek pengetahuan/kognitif.

Keywords

Bahan Ajar, Evaluasi Pendidikan berbasis Kasus, Penilaian Autentik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.