Upaya Meningkatkan Keterampilan Membaca Pemahaman Melalui Pendekatan Proses Pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Dedy Irawan, Kiromin Baroroh Zein

Abstract

Membaca pemahaman adalah keterampilan membaca yang berada pada tingkat lebih tinggi, mengharuskan pembaca untuk membaca dengan pemahaman dan berpikir secara kognitif. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui peningkatan keterampilan membaca pemahaman melalui pendekatan proses pada siswa kelas IV Sekolah Dasar. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dalam dua siklus, dengan masing-masing siklus terdiri dari dua pertemuan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pendekatan proses efektif dalam meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa di kelas IV Sekolah Dasar, terbukti dari peningkatan rata-rata prestasi belajar siswa, yaitu 68.18% pada siklus I dan 86.36% pada siklus II. Kesimpulannya, pendekatan proses dapat meningkatkan keterampilan membaca pemahaman siswa di kelas IV Sekolah Dasar.

Keywords

Membaca, Keterampilan membaca pemahaman, Pendekatan Proses

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.