Utilization of Wordwall Learning Media to Increase Interest and Motivation of Grade 3 Students in Learning IPAS SD 6 Panjer

Amaranggana Ujwalita, Anggraeni Putri Nurdianti, Dwi Hana Novia, Murwani Dewi Wijayanti

Abstract

Pendidikan berkualitas dapat dicapai melalui penerapan media pembelajaran interaktif berbasis teknologi digital. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak penggunaan media pembelajaran Wordwall serta bertujuan meningkatkan minat dan motivasi belajar siswa kelas 3 pada pembelajaran IPAS di SD 6 Panjer. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi teknik wawancara dan observasi terhadap siswa kelas 3 sebanyak 20 orang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan media pembelajaran Wordwall memberikan dampak positif terhadap pembelajaran yang dilakukan siswa dan dapat meningkatkan minat serta motivasi belajar siswa kelas 3 SDN 6 Panjer. Oleh karena itu diharapkan guru dapat mengintegrasikan lingkungan belajar berbasis wordwall dalam praktik pembelajaran guna merangsang minat dan motivasi belajar materi IPAS siswa di sekolah dasar.

Keywords

media wordwall, minat, motivasi belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.