Urgensi Kompetensi PenguasaanTeknologi Digital Guru Sebagai Upaya Pemaksimalan Kosakata Siswa Dalam Pembelajaran Bahasa Inggris di Sekolah Dasar

Westu Sedyo Kinasih, Murwani Dewi Wijayanti

Abstract

Peralihan dari Kurikulum 2013 ke Kurikulum Merdeka membuka kesempatan baru bagi pelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar yang sebelumnya sempat vakum. Kemandekan tersebut dikhawatirkan akan mempengaruhi kompetensi guru, padahal dalam Kurikulum Merdeka ini, guru dituntut unggul dalam aspek teknologi selain menguasai konten dan pedagogi. Mata pelajaran Bahasa Inggris sekolah dasar yang difokuskan pada kosakata seharusnya dapat menjadi pacuan semangat bagi guru dalam memberikan pembelajaran maksimal, terutama dengan adanya digitalisasi. Penelitian ini bertujuan mengkaji urgensi penguasaan teknologi digital guru sebagai upaya pemaksimalan kosakata siswa dalam pembelajaran Bahasa Inggris di sekolah dasar. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif dengan pendekatan studi kepustakaan dengan teknik PRISMA. Hasil penelitian ini menunjukkan kompetensi guru dalam menggunakan teknologi digital sangat krusial untuk memaksimalkan penguasaan kosakata Bahasa Inggris pada siswa sekolah dasar. Guru perlu meningkatkan literasi teknologi untuk mengoperasikan perangkat dan aplikasi pendidikan, karena inovasi dalam menggunakan teknologi akan membantu menciptakan lingkungan belajar yang lebih baik dan memotivasi siswa.

Keywords

Bahasa Inggris, Vocabulary, Teknologi, Kompetensi Guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.