Peran Tenaga Pendidik Dalam Pembelajaran di Era Digital

Sri Widiyaningsih, Ulil Ma'rifah, Umuma'rifah Umuma'rifah

Abstract

Perkembangan teknologi digital telah mengubah lanskap pendidikan, menuntut tenaga pendidik untuk meningkatkan keterampilan digital mereka. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis peran tenaga pendidik dalam pembelajaran di era digital, mengidentifikasi tantangan yang dihadapi, serta merumuskan strategi untuk meningkatkan keterampilan digital. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode Systematic Literatur Review dengan desain PRISMA (Preferred Reporting Items for Systematic Review and Meta-Analyses). Studi penelitian pada metode ini dilakukan dengan merancang peninjauan sumber kutipan secara sistematis yang mencakup fase berikut: identifikasi, penyaringan, kelayakan, dan banyaknya artikel akhir yang akan dilakukan penelaahan.Hasil penelitian menunjukkan bahwa tenaga pendidik berperan penting dalam merancang pembelajaran digital yang efektif, namun masih menghadapi kendala terkait keterampilan digital, pemahaman TPACK, dan infrastruktur teknologi yang terbatas. Simpulan penelitian ini adalah tenaga pendidik berperan penting dalam pembelajaran digital namun menghadapi kendala keterampilan, TPACK, dan infrastruktur, sehingga diperlukan pelatihan berkelanjutan dan peningkatan sumber daya serta infrastruktur teknologi.

Keywords

Era Digital, Tenaga Pendidik, Peran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.