Increasing Teacher Competence in Developing Learning Plans and Teaching and Learning Effectiveness in Primary Schools Through Teacher Working Group (KKG)

Shofwatul Fikriya, Siti Rofi'ah, Ulfah Khoirunnisa

Abstract

Kelompok Kerja Guru (KKG) adalah salah satu upaya untuk meningkatkan kompetensi guru melalui kegiatan kolaboratif antar guru dalam diskusi, refleksi, dan pembelajaran bersama. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi dan menganalisis bagaimana Kelompok Kerja Guru (KKG) dapat berkontribusi dalam peningkatan kompetensi guru dalam penyusunan rancangan pembelajaran dan efektivitas proses belajar mengajar di sekolah dasar. Metode penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kualitatif dengan pendekatan library research. Penelitian ini dilakukan melalui studi literatur yang melibatkan identifikasi topik, pengumpulan sumber-sumber relevan, evaluasi kritis literatur, dan penyusunan ringkasan temuan untuk memberikan gambaran komprehensif mengenai subjek yang diteliti. Hasil penelitian ini yaitu menunjukan KKG memiliki peran yang signifikan dalam peningkatan kompetensi guru di tingkat sekolah dasar. KKG sangat efektif untuk meningkatkan kompetensi guru dalam peyusunan RPP yang baik dan benar, Selain itu melalui KKG, guru dapat meningkatkan kualitas pengajaran, mengembangkan ketrampilan kepemimpinan, mendiskusikan perubahan dalam kurikulum, mendorong kolaborasi antar guru di sekolah, memberikan masukan dan umpan balik konstruktif dan meningkatkan pengetahuan. Simpulan dari penelitian ini yaitu KKG dapat meningkatkan kompetensi guru dalam menyusun rancangan pembelajaran dan dapat meningkatkan efektivitas proses belajar mengajar.

Keywords

Kelompok Kerja Guru (KKG), Kompetensi Guru, Rancangan Pembelajaran, Efektivitas Belajar Mengajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.