Penerapan Model Discovery Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPAS Materi Perubahan Wujud Benda Siswa Kelas IV SDN Pasarkliwon

Putri Widiana, Sri Handayani, Moh Salimi, Faridatul Akaddiyah

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik tentang materi perubahan wujud zat melalui metode Discovery Learning. Desain penelitian ini adalah penelitian tindak kelas kolaboratif yang dilaksanakan selama 2 siklus. Analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Terdapat enam langkah penerapan model Discovery Learing berbantu media konkret yakni (1) Stimulasi dengan lilin yang dibakar dan balon untuk ditiup; (2) identifikasi masalah; (3) Pengumpulan data dengan berdiskusi; (4) pengolahan data dengan LKPD; (5) Pembuktian; (6) Penarikan kesimpulan. Rata-rata hasil belajar pada siklus 1 yaitu 72 dengan presentase peserta didik tuntas 44% dan presentase peserta didik tidak tuntas 56%. Pada siklus II presentase peserta didik tuntas 72% dengan rata-rata 80. Secara keseluruhan hasil belajar peserta didik tentang wujud zat benda mengalami peningkatan pada setiap pertemuannya.

Keywords

berpikir kritis, Discovery Learning, hasil belajar, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.