Peningkatan Partisipasi Belajar Siswa pada Pembelajaran IPS dengan Metode Index Card Match Di Kelas V SDN 41 Kuranji Kota Padang

Silfi Melindawati, Annisa Septia, Alfroki Martha

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi belajar siswa pada pembelajaran IPS di kelas V SDN 41 Kuranji Kota Padang bahwa guru belum menciptakan suasana pembelajaran yang aktif sehingga siswa kurang aktif dalam pembelajaran. Tujuan penelitian mendeskripsikan peningkatan partisipasi belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan menggunakan metode index card match. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Teknik pengumpulan data adalah observasi dan dokumentasi. Hasil pada peningkatan perencanaan pembelajaran IPS pada siklus I 73% dan siklus II 89,2%. Hasil pelaksanaan pembelajaran IPS siklus I pada aspek guru dengan persentase 68,7%, siklus II 87,5%. Hasil pelaksanaan pembelajaran IPS siklus I pada aspek siswa persentase 68,7% ,siklus II 87,5%. Hasil pada peningkatan partisipasi belajar siswa pada siklus I dengan persentase 63,1% pada siklus II  81,8%. Maka dapat disimpulkan bahwa peningkatan  partisipasi belajar siswa pada pembelajaran IPS dengan metode Index Card Match di kelas V SDN 41 Kuranji Kota Padang

Keywords

Pembelajaran IPS, Partisipasi Belajar Siswa, Metode Index Card Match

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.