Pengaruh Pendekatan Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas IV SDN Gugus III Kota Bengkulu

Sheni Shintia, Neza Agusdianita, Ike Kurniawati

Abstract

Penelitian ini menggunakan jenis penelitian Kuantitatif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pendekatan berdiferensiasi terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN Gugus III Kota Bengkulu. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen (Quasi Experimental Design) dan desain penelitian yaitu the matching only posttest control group design. Populasi penelitian ini adalah siswa kelas IV di SDN 03 Kota Bengkulu. Sampel penelitian yaitu kelas IV A sebagai kelas eksperimen dan kelas IV B sebagai kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel adalah Cluster Random Sampling. Pengumpulan data menggunakan posttest berupa soal pilihan ganda. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu statistik deskriptif, uji prasyarat (uji normalitas serta uji homogenitas) dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil data yang diperoleh didapatkan bahwa nilai rata-rata pada kelas eksperimen sebesar 75,40 sedangkan kelas kontrol sebesar 66,60. Hasil uji normalitas dinyatakan berdistribusi normal, serta hasil uji homogenitas memiliki varian yang homogen, dan hasil dari uji-t diperoleh hasil Sig.(2-tailed) sebesar 0,010 < 0,05. Sehingga dapat disimpulkan terdapat pengaruh dari pendekatan berdiferensiasi terhadap hasil belajar Matematika siswa kelas IV SDN 03 Kota Bengkulu.

Keywords

Hasil Belajar, Matematika, Pendekatan Berdiferensiasi, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.