Analisis Keterampilan Menulis Teks Deskripsi pada Pembelajaran Bahasa Indonesia Siswa Kelas IV Sekolah Dasar

Sandy Liviana, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Keterampilan menulis merupakan salah satu keterampilan berbahasa yang penting untuk dikuasai siswa, tetapi seringkali dianggap sebagai keterampilan yang paling sulit. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan menulis teks deskripsi pada pembelajaran Bahasa Indonesia siswa kelas IV sekolah dasar beserta faktor-faktor yang memengaruhinya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Sampel pada penelitian ini yaitu guru dan siswa kelas IV SD Negeri 4 Karangduwur dengan teknik pengambilan sampel snowball sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan instrumen observasi, wawancara, dan tes. Menggunakan teknik analisis data kualitatif deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat beberapa kesalahan yang ditemukan dalam keterampilan menulis siswa meliputi penulisan huruf tidak konsisten, penempatan huruf salah, tidak menggunakan spasi, dan tulisan tidak terbaca dengan jelas. Faktor-faktor yang memengaruhi keterampilan menulis siswa yaitu kurangnya motivasi, minimnya penguasaan kosakata, kesulitan dalam mengorganisasikan ide, serta kurangnya pemahaman terhadap aturan tata bahasa dan ejaan. Maka dapat disimpulkan bahwa sebagian besar keterampilan menulis siswa belum optimal.

Keywords

Keterampilan Menulis, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.