Analisis Pemahaman Mahasiswa Terhadap Kebijakan Program Kampus Mengajar di Indonesia

Siti Nurkamilah, Rohani Rohani, Udin Syaefudin Sa,ud, Rajji Adiredja, Sigit Aditya Ramadhani

Abstract

Kampus mengajar dihadirkan untuk membantu sekolah dasar dalam melaksanakan proses pembelajaran dalam mencapai kesetaraan kompetensi dalam literasi, numerasi dan adaptasi teknologi khususnya di Sekolah Dasar yang berada di wilayah 3T. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kesiapan mahasiswa dalam menjalankan program kampus mengajar sehingga dapat mengantisipasi berbagai permasalahan yang muncul di lapangan ketika menjalankan program kampus mengajar. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif dengan pendekatan kuantitatif. Sampel dari penelitian ini adalah 118 mahasiswa yang berasal dari 13 kampus yang berbeda yang ada di Indonesia. Teknik penelitian yang dilakukan menggunakan angket dan wawancara. Adapun hasil dari penelitian ini menunjukan bahwa mahasiswa tertarik dengan program kampus mengajar, karena selain dapat meningkatkan kompetensi personal, profesional, pedagogik dan sosial, partisipasi mereka dalam program kampus mengajar dapat menjadi kontribusi yang baik bagi pembangunan negeri, terutama di lingkungan pendidikan dasar. Pemahaman mahasiswa terhadap program kampus mengajar masih kurang, hal ini dapat terjadi karena informasi yang mereka peroleh tentang program kampus mengajar ini masih terbatas. Namun minat dan ketertarikan mahasiswa untuk mengikuti program kampus mengajar tergolong tinggi. Terdapat beberapa faktor yang menjadi bahan pertimbangan mahasiswa dalam mengikuti program kampus mengajar, antara lain dukungan dari PT asal, persetujuan orang tua, informasi mengenai kampus mengajar, biaya, penempatan Lokasi KM, Teknik pelaporan KM, dan jadwal pelaksanaan KM.

Keywords

Pemahaman mahasiswa, Program Kampus mengajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.