Professionalism in Education: The Supportive Power of Professional Teacher Education for Young Quality Teachers in the Digital Era Towards Indonesia Emas 2045

Ristiani Ristiani, Yulia Permata Sari, Zyahra Rinjani

Abstract

Kewajiban setiap guru untuk menempuh Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan salah satu kebijakan pemerintah untuk memajukan kualitas pendidikan dengan meningkatkan kualitas profesional tenaga pendidik yaitu guru. Tujuan penelitian ini adalalah untuk menyelidiki, menganalisis, dan mendeskripsikan daya dukung Pendidikan Profesi Guru (PPG) bagi guru muda yang berkualitas dalam meningkatkan profesionalisme guru di era digital menuju Indonesia Emas 2045. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah literatur review. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa PPG memberikan manfaat signifikan bagi guru muda, termasuk peningkatan kompetensi pedagogik, penguasaan materi, keterampilan manajerial, keterampilan penguasaan teknologi dan digitalisasi, serta sikap profesional. Simpulan, secara umum Pendidikan Profesi Guru (PPG) merupakan salah satu upaya yang tepat untuk memajukan pendidikan di Indonesia dengan meningkatkan kualitas sumber daya yang ada yakni tenaga pendidik atau guru, khususnya bagi guru muda di Indonesia.

Keywords

Digitalisasi, Guru Muda, Indonesia Emas 2045, Pendidikan Profesi Guru, Profesionalisme

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.