Keterampilan Proses Sains Murid Kelas V Pada Materi Magnet

Risma Yulianty, Nur Ngazizah, Arum Ratnaningsih

Abstract

Kurangnya metode pembelajaran yang tepat menjadikan murid tidak aktif dan kreatif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis keterampilan proses sains murid kelas V pada materi magnet. Metode dalam penelitian ini dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif dan desain historis. Sampel dalam penelitian ini dengan sampel purposive yaitu murid yang memiliki nilai tinggi, sedang dan rendah, teknik pengumpulan data dengan observasi, angket, wawancara dan dokumentasi. Hasil dari penelitian ini yaitu Terdapat 3 kategori yakni murid termasuk ke dalam kategori tinggi, sedang dan rendah dan melalui 3 kategori tersebut akan dilihat dengan 4 kriteria yaitu mahir, cakap, layak dan mulai berkembang. Keterampilan proses sains materi magnet yang dilakukan pada murid kelas V yaitu dalam mengamati sudah cakap, memprediksi termasuk ke kriteria layak, mengklasifikasi termasuk ke dalam kriteria cakap karena dalam mengklasifikasi cukup mudah bagi murid, menafsikan termasuk ke dalam kriteria layak, menyimpulkan termasuk ke dalam kriteria layak dan mengomunikasikan termasuk ke dalam kriteria layak.

Keywords

Keterampilan Proses Sains, Pembelajaran IPA

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.