Implementation Analysis and Problematics for Teachers in the Use of the Platform Merdeka Mengajar (PMM) in Elementary Schools

Rida Yulia Cahyani, Rifhan Latifah, Sandra Ayu Risky

Abstract

Kurikulum yang berlaku di Indonesia sekarang adalah kurikulum merdeka, dalam penerapannya guru memiliki berbagai tantangan baru yang harus dihadapi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis implementasi dan problematika yang dihadapi guru dalam penggunaan Platform Merdeka Mengajar (PMM) di Sekolah Dasar. Metode penelitian yang digunakan yaitu menggunakan metode kualitatif dengan melakukan studi literatur yang mengumpulkan referensi dari berbagai penelitian. Hasilnya, implementasi PMM oleh guru di Sekolah Dasar dihadapkan oleh beberapa problematika seperti ketersediaan akses internet serta tantangan dalam pemahaman teknis. Meskipun demikian, PMM memberikan pengaruh positif dalam peningkatan kualitas pendidikan yang didasarkan pada peningkatan kualitas pembelajaran dan kemudahan aksesibilitas pendidikan.

Keywords

Platform Merdeka Mengajar, Sekolah Dasar, Guru, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.