Improving Educators' Competence in Digital Literacy for Facing The Challenges of 21st Century Learning

Reni Dyah Kaeksi Setianingrum, Suci Elhawa, Zarra Faizah Zain

Abstract

Permasalahan dan tantangan pendidikan pada abad 21 mempunyai urgensi yang sangat esensial karena menyangkut proses pembelajaran di kelas. Pada penelitian ini keterampilan guru dalam literasi digital memperhatikan beberapa aspek seperti karakteristik siswa, pemanfaatan teknologi dan lingkungan belajar mengutamakan pembelajaran berbasis teknologi abad 21. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu studi pustaka dengan menggunakan berbagai referensi jurnal dan buku yang relevan dengan pembahasan dalam artikel. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah pendidik harus mau dan mampu berusaha untuk memiliki beberapa kompetensi yang berkaitan dengan proses belajar mengajar di kelas, penguasaan kompetensi tersebut misalnya adalah literasi digital di abad 21. Kesimpulan dalam penelitian ini adalah pembelajaran abad 21 yaitu seorang pendidik dituntut harus berkembang terus menerus, bukan hanya dengan mengikuti apa yang sudah ada saja. Oleh karena itu peran pendidik diperlukan sebagai seseorang yang berpikir kritis, berkolaborasi, berkomunikasi, berkarakter dan kreatif. Pendidik juga harus bisa memanfaatkan teknologi dalam pembelajarannya, teknologi tersebut dapat dikembangkan dengan kompetensi literasi digital di tengah maraknya teknologi di abad 21.

Keywords

Literasi Digital, Penguasaan Kompetensi Guru, Kompetensi Guru Abad 21

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.