Analisis Bibliometrik: Tren Penelitian Pembelajaran Berbasis E-Book Sebagai Salah Satu Bahan Ajar Digital di Sekolah Dasar

Rahmadina Dalimunthe, Fauziyah Harahap, Zulkifli Matondang, Erfiani Humairah

Abstract

Penggunaan teknologi digital dalam proses pembelajaran di sekolah dasar telah menjadi tren yang signifikan. Salah satu aspek penting dari tren ini adalah penggunaan e-book sebagai bahan ajar berbasis digital. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi tren terkait penggunaan e-book dalam konteks pembelajaran di sekolah dasar. Analisis Bibliometrik merupakan pemetaan berdasarkan tren riset penelitian yang menggunakan analisis dan pengolahan meta data. Maka dari itu penelitian ini menggunakan metode kuantitatif sistematis, Meta data pada penelitian ini bersumber dari Google  Scholar dan dianalisis menggunakan software Publish or Perish. Hasil penelitian menunjukkan terdapat 5 cluster pengklasifikasian melalui software VOSviewer . pada perhitungan jumlah sitasi dari artikel yang digunakan dalam penelitian adalah 1535. Jumlah sitasi per tahun sebanyak 69,77 dan jumlah sitasi per paper 7,68. H-indeks dari keseluruhan artikel adalah 18 sedangkan G-indeks dari seluruh artikel adalah 36. Maka hasil dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kajian mengenai pembelajaran berbasis e-book sebagai salah satu bahan ajar berbasis digital disekolah dasar masih sangat terbatas, artinya penelitian mengenai hal tersebut dapat menjadi sebuah peluang untuk melakukan penelitian selanjutnya.

Keywords

pembelajaran berbasis e-book, bahan ajar digital, bibliometrik

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.