Character Education in Primary Schools Through School Culture

Nurinawati Nurinawati, Banun Havifah Cahyo Khosiyono, Berliana Henu Cahyani

Abstract

Permasalahan dari penelitian ini yaitu pendidikan masih menekankan kognitif untuk membentuk anak menjadi cerdas, namun mengesampingkan nilai-nilai luhur bangsa. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan Pendidikan Karakter melalui budaya sekolah di SDN Sidomukti, Kecamatan Ambal, Kabupaten Kebumen Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif deskriptif dengan metode observasi dan wawancara dengan subyek siswa kelas IV, 1 guru dan kepala sekolah. Hasil penelitian ini yaitu Pendidikan karakter melalui budaya sekolah yang dilakukan di SDN Sidomukti Kecamatan Ambal dengan program pembiasaan sesuai dokumen kurikulum meliputi sambut pagi (3-S), kegiatan Pigor (Piket gotong royong), Lisa (Lihat Sampah Ambil, mendengarkan lagu-lagu wajib nasional, Menyayikan Lagu Indonesia Raya dan Lagu Wajib Nasional, menyanyikan lagu daerah nusantara, budaya antre, berdo’a dan salam, Tara (Tanam dan Pelihara), upacara bendera, bugar pagi, hafalan doa, Jumat amal, memilah sampah, literasi, Hatdir (Kesehatan Diri) dan sarapan pagi dapat membentuk karakter komunikatif, religius, disiplin, toleransi, peduli sosial, cinta damai, peduli lingkungan, tanggung jawab, gemar membaca, cinta tanah air, semangat kebangsaan, dan mandiri.

Keywords

budaya sekolah, pembiasaan, pendidikan karakter, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.