Analisis Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Kelas IV pada Sekolah Dasar Muhammadiyah di Kabupaten Purworejo

Nur Ngazizah, Heny Amalia Choirunnisa, Aminatur Rodiyah, Kiswari Puji Rahayu, Femi Hidayati

Abstract

Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan upaya strategis untuk meningkatkan kualitas pendidikan di Indonesia dengan menanamkan nilai-nilai karakter pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksaan P5 kelas IV pada sekolah dasar Muhammadiyah di Kabupaten Purworejo. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi dimana wawancara terhadap kepala sekolah, tim fasilitator P5, guru kelas IV dan sampel siswa. Tahap analisis data meliputi reduksi data, sajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian menunjukkan, sekolah dasar Muhammadiyah di Kabupaten Purworejo telah melaksanakan P5 di kelas IV. Tahapan dalam mendesain P5 antara lain: 1) tahap persiapan meliputi pembentukan tim fasilitator, mengidentifikasi kesiapan sekolah, menentukan dimensi dan tema Profil Pelajar Pancasila, alokasi waktu, menyusun modul projek, dan strategi pelaporan hasil proyek; 2) tahap pelaksaan meliputi pengenalan, kontekstualisasi, dan aksi P5; 3) tahap evaluasi meliputi pelaporan hasil, evaluasi ketercapaian pelaksanaan serta keberlanjutan program. Dapat disimpulkan, sekolah telah menjalankan program P5 dengan sudah sesuai dan belum sesuai panduan P5 namun melalui tahapan yang terstruktur sehingga cukup berkontribusi terhadap penguatan karakter siswa.

Keywords

analisis, evaluasi, karakter, P5, terstruktur

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.