Upaya Peningkatan Hasil Belajar melalui Model Teams Games Tournament (TGT) dalam Pembelajaran Matematika Kelas V A di SDICT Al Abidin Surakarta
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil belajar peserta didik yang masih rendah di SDICT Al Abidin Surakarta. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penerapan model Teams Games Tournament (TGT) dalam meningkatkan hasil belajar matematika. Penelitian ini menggunakan metode Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Subjek penelitian adalah 25 peserta didik kelas V A, dengan teknik pengambilan sampel menggunakan sampling jenuh. Data dikumpulkan melalui tes hasil belajar, observasi, dan dokumentasi. Data dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif untuk mengetahui peningkatan hasil belajar. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model TGT dapat meningkatkan hasil belajar matematika. Persentase ketuntasan peserta didik meningkat dari 72% pada siklus pertama menjadi 92% pada siklus kedua. Penerapan model TGT efektif dalam meningkatkan hasil belajar matematika peserta didik kelas V A di SDICT Al Abidin Surakarta.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.