Manajemen Kurikulum Muatan Lokal Budaya Banyumasan di SD Negeri 1 Grendeng Kabupaten Banyumas

Novi Mayasari, Ulpah Maspupah

Abstract

Penelitian ini diharapkan dapat memberikan kontribusi tentang manjemen kurikulum muatan lokal budaya Banyumasan bagi sekolah atau madrasah di bawah naungan Dinas Pendidikan maupun di bawah naungan Kementerian Agama yang berada di wilayah Penginyongan yang meliputi Kabupaten Banjarnegara, Kabupaten Purbalingga, Kabupaten Banyumas, Kabupaten Cilacap, dan Kabupaten Kebumen. Jenis penelitian ini adalah penelitian lapangan (Field Research). Sifat penilitian ialah kualitatif. Adapun teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa Perencanaan kurikulum muatan lokal Budaya Banyumasan dilaksanakan melalui penyusunan program tahunan, program semester, silabus, dan RPP yang dilaksanakan di awal tahun ajaran baru. Pengorganiasasian materi terdiri dari materi tatakrama, materi permainan tradisional, materi tentang makanan khas dan situs budaya Banyumasan. Adapun pengorganisasian waktu untuk jadwal pelajaran muatan lokal Budaya Banyumasan di SD Negeri 1 Grendeng. Pelaksanaan kurikulum muatan lokal budaya Banyumasan terkait implementasi komponen-komponen kurikulum yang meliputi tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, media pembelajaran, dan penilaian. Evaluasi kurikulum muatan lokal budaya banyumasan terbagi menjadi 2 yaitu evaluasi terhadap guru dan evaluasi terhadap siswa. Evaluasi terhadap guru dilakukan oleh kepala sekolah sebagai supervisor melalui kegiatan supervise di dalam kelas.

Keywords

Manajemen, Kurikulum, Muatan Lokal, Budaya Banyumasan

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.