Pembelajaran Cerita Rakyat Madura Berbasis Kearifan Lokal melalui Literasi Digital Libraries the University of IOWA pada Siswa Kelas XI MIPA 7 SMA 1 Sampang

Noer Lailatul Badriya, Agus Purnomo, Ahmad Putikadyanto, Mochamad Arifin Alatas

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi adanya cerita rakyat Madura yang memiliki kearifan lokal dan berkembangnya cerita rakyat Madura digital di Libraries The University of IOWA. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pembelajaran cerita rakyat Madura berbasis kearifan lokal melalui literasi digital Libraries The University of IOWA, meliputi proses pembelajaran dan hasil pembelajaran. Metode penelitian menggunakan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi,wawancara,dan dokumentasi.Hasil penelitian meliputi proses pembelajaran bermedia digital literasi Libraries The University of IOWA,dan hasil belajar siswa dengan jumlah 36 siswa terdapat 4 siswa yang mendapatkan nilai rata-rata dibawah KKM dan 32 siswa mendapatkan nilai di atas KKM serta kearifan lokal yang didapatkan siswa dalam cerita rakyat Madura digital di Libraries The University of IOWA. Dapat disimpulkan digital literasi Libraries The University of IOWA sebagai media pembelajaran materi cerpen kelas XI MIPA 7 SMA 1 Sampang sesuai dengan kurikulum merdeka belajar dan dapat membantu tercapainya tujuan pembelajaran serta menambah pengetahuan siswa tentang cerita rakyat Madura.

Keywords

media pembelajaran,digital literasi,cerita rakyat Madura

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.