Studi Literatur: Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar dengan Menerapkan Model Scientific Group Inquiry Learning Berbasis Masalah Iklim dan Perubahannya

Natasya Fadilla Saputri, Murwani Dewi Wijayanti

Abstract

Berkembangnya teknologi di bidang pendidikan membawa perubahan besar dalam dunia pendidikan, guru harus siap menghadapi segala perubahan teknologi dan bersiap menghadapi perubahan paradigma pembelajaran, guru belum sepenuhnya memanfaatkan teknologi sehingga model yang digunakan masih berpusat pada guru dan bersifat tradisional mengakibatkan siswa bersikap pasif. Tujuan utama penelitian ini adalah menganalisis efektivitas model pembelajaran SGIL berbasis masalah dalam mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa. Penelitian ini mengadopsi pendekatan studi literatur, dengan mengumpulkan dan menganalisis berbagai jurnal dan buku yang membahas secara khusus Model Pembelajaran Inkuiri Kelompok Ilmiah (SGIL) berbasis masalah. Penelitian ini membuktikan bahwa model pembelajaran ini mampu meningkatkan secara signifikan kemampuan siswa dalam menciptakan ide-ide baru, berpikir secara fleksibel, dan menghasilkan gagasan-gagasan yang orisinal. Kualitas hasil belajar siswa telah meningkat secara signifikan, mencerminkan peningkatan pemahaman konseptual dan keterampilan praktis. Kesimpulannya, strategi pembelajaran berbasis masalah merupakan solusi yang efektif untuk merangsang kreativitas siswa dan mendorong peningkatan prestasi belajar mereka.

Keywords

Keterampilan berpikir kreatif, hasil belajar, Scientific Group Inquiry Learning, Pembelajaran berbasis masalah.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.