Studi Literatur: Penerapan Model Science Integrated Learning Berbasis Etnosains Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Dan Hasil Belajar IPA

Naila Shakila, Murwani Dewi Wijayanti

Abstract

Pada era abad 21, United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menyebutkan bahwa standar pendidikan di Indonesia semakin mengalami penurunan kualitas, faktanya sering ditemuinya model pembelajaran siswa yang masih membosankan dan kemandirian karya ilmiah siswa hanya terpacu pada materi serta model pembelajaran yang berdasarkan pada kebudayaan dan kemampuan analisis siswa masih rendah dalam penerapannya. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis penerapan model Science Integrated Learning (SIL) berbasis etnosains untuk meningkatkan kemampuan analisis dan hasil belajar siswa. Metode penelitian menggunakan studi kajian literatur dengan pengumpulan sumber referensi berbagai buku dan jurnal artikel yang berkaitan dengan model Science Integrated Learning (SIL) berbasis etnosains. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa model belajar siswa menggunakan Science Integrated Learning (SIL) berbasis etnosains dapat mengembangkan kemampuan analisis. Penerapan model Science Integrated Learning (SIL) berbasis etnosains dengan mengintegrasikan budaya ilmiah dan budaya lokal untuk meningkatkan kemampuan analisis siswa yang menjadi bagian kemampuan kognitif sehingga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Oleh karena itu, model Science Integrated Learning (SIL) berbasis etnosains sangat efektif diterapkan untuk meningkatkan kemampuan analisis dan hasil belajar siswa.

Keywords

kualitas pendidikan Indonesia, Science Integrated Learning, etnosains, kemampuan analisis, hasil belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.