Pengembangan LKPD Model Project Based Learning Berbasis STEAM pada Mata Pelajaran IPAS Kelas IV SD

Nadia Wulandari, Feri Noperman, Neza Agusdianita

Abstract

Pengembangan LKPD dengan model pembelajaran berbasis proyek (PBL) yang terintegrasi dengan pendekatan STEAM pada mata pelajaran IPAS tentang perubahan energi. Tujuan penelitian ini untuk mengembangkan LKPD dengan model pembelajaran berbasis proyek (PBL) yang terintegrasi dengan pendekatan STEAM. Metode yang digunakan yakni penelitian dan pengembangan (Research & Development) dengan model ADDIE, yang meliputi tahap Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, dan Evaluasi. Namun pada penelitian ini hanya pada tahap pengembangan saja. Sampel dalam penelitian ini adalah murid dan pendidik kelas IV SDN 37 Rejang Lebong. Teknik pengumpulan data yang digunakan merupakan observasi dan angket. Teknik analisis data yang diguakan itu teknik analisis deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD ini sangat valid dan layak digunakan dalam pembelajaran. Berdasarkan penilaian ahli aspek materi 97,72%, bahasa 93,75% dan ahli kegrafikan 93,75%, serta tanggapan guru dan peserta didik 91,29%.

Keywords

Pengembangan, LKPD, project based learning, STEAM

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.