Studi Literatur: Interpretasi Kreativitas dan Kerjasama melalui Model Pembelajaran Scientific Reading Based Project (SRBP)
Abstract
Keterampilan kreativitas dan kerja sama sangat penting untuk meningkatkan daya saing dan mendorong kemajuan serta keberlanjutan menghadapi tantangan global yang kompleks dan dinamis. Untuk mengembangkan keterampilan tersebut salah satunya dapat menggunakan model pembelajaran yang memuat sintak membaca ilmiah dan berbasis proyek yaitu model Scientific Reading Based Project (SRBP) dalam proses pembelajaran. Tujuan dari penelitian ini yaitu menganalisis penerapan model Scientific Reading Based Project (SRBP) untuk mengembangkan kreativitas dan kerja sama siswa serta indikator kreativitas dan kerja sama siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu studi kajian literatur yang dilakukan dengan pengumpulan sumber referensi yang diperoleh dari artikel penelitian ilmiah dari tahun 2020-2024 dengan menggunakan Google Schoolar dan Scopus yang relevan berkaitan variabel penelitian ini. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat 34 artikel yang relevan dengan variabel penelitian ini. Pembelajaran melalui model Scientific Reading Based Project (SRBP) dapat mengembangkan kreativitas dan kerja sama siswa dengan menekankan pendekatan pembelajaran berbasis proyek berdasarkan literatur ilmiah beserta indikator kreativitas dan kerja sama siswa.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.