Studi Pustaka: Dapatkah Bimbingan Kelompok Teknik Homeroom Mengintervensi Budaya Konsumtif Pada Siswa

Muhammad Dzulfiqar Ilhan Mansiz, Abi Fa’izzarahman Prabawa

Abstract

Fenomena budaya konsumtif pada siswa adalah salah satu permasalahan yang umum terjadi di sekolah, sehingga perlu dilaksanakan layanan yang tepat untuk mengurangi budaya konsumtif pada siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji bimbingan kelompok teknik homeroom sebagai opsi layanan untuk mengurangi budaya konsumtif pada siswa. Metode yang digunakan di dalam penelitian ini adalah kajian literatur (literature review). (1) komposisi permasalahan; (2) menelusuri kepustakaan; (3) evaluasi; (4) dan melaksanakan analisis (Ridwan, dkk., 2021). Hasil penelitian memberikan gambaran keilmuan terhadap kajian teoretis bimbingan kelompok teknik homeroom untuk mengintervensi budaya konsumtif.

Keywords

bimbingan kelompok, homeroom, budaya konsumtif

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.