Pemanfaatan Aplikasi CapCut dalam Pembuatan Tugas Video pada Mata Kuliah Kepewaraan Mahasiswa Tadris Bahasa Indonesia IAIN Madura

Moh. Jovan Andrie Fahrian, Liana Rochmatul Wachidah, Sahrul Romadhon

Abstract

Apilkasi CapCut adalah aplikasi pengeditan video yang populer saat ini. Aplikasi ini bisa digunakan sebagai alat media pembelajaraan. Penelitian ini memiliki dua tujuan yaitu untuk menjelaskan tentang pemanfaatan aplikasi CapCut sebagai alat media pembelajaran dan menjelaskan kelebihan, dan kekurangannya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan deskkriptif. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu mahasiswa tadris Bahasa Indonesia kelas a Angkatan 2021. Teknik pengumpulan data yang digunakan yakni menggunakan Teknik wawancara dan dokumentasi hasil video. Teknik analisis data oleh peneliti melakukan komparasi data antara hasil wawancara dengan dokumentasi lalu dilakukan klasifikasi data sesuai kategori penilaian. Kategori yang digunakan ada tiga yakni sangat baik (A), baik (B), dan kurang baik (C). Hasil penelitian yang dilakukan menujukkan13 dari 17 mahasiswa yang menjadi responden yang mendapatkan kategori penilaian sangat baik (A) menunjukkan validasi bahwa pemanfaatan aplikasi CapCut pada mata kuliah kepewaraan sudah dilkakukan dengan sangat baik oleh mahasiswa. Apllikasi CapCut dinilai efektif sebagai alat pendukung dalam pembuatan tugas video. Selain itu, aplikasi CapCut memiliki pemanfaatan yang sudah sangat baik dalam pembuatan alat media pembelajaran.

Keywords

Aplikasi CapCut, kepewaraan, media pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.