Peran Guru Dalam Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Soal Cerita Matematika

Melita Khusnul Amalia, Rokhmaniyah Rokhmaniyah

Abstract

Kemampuan berpikir kritis pada setiap siswa berbeda ditunjukkan dengan siswa yang tidak mampu dalam memahami dan menyelesaikan soal cerita matematika. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis peran guru dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa melalui soal cerita matematika. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru wali kelas IV Sekolah Dasar dan teknik pengumpulan yang digunakan adalah observasi dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata hasil tes seluruh siswa kelas IV sebesar 51,5 % yang artinya siswa belum mampu berpikir kritis dalam menyelesaikan soal cerita matematika Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa guru memiliki peran yang sangat penting dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan pelatihan serta dukungan bagi guru dalam mengimplementasikan strategi pembelajaran yang merangsang kemampuan berpikir kritis siswa melalui soal cerita matematika.

Keywords

Kemampuan berpikir kritis, soal cerita matematika, dan peran guru

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.