Penerapan Media Flashcard Berbantuan Model Teams Games Tournament untuk Meningkatkan Kemampuan Menulis pada Siswa Kelas II

Melina Maharani, Ardian Arief

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya kemampuan menulis siswa kelas II yang ditandai dengan belum adanya penguasaan kosa kata serta ketidaksesuaian antara tulisan dengan aturan penulisan EYD V. Media flashcard bermanfaat dalam mengenalkan kosa kata dan aturan penulisan sesuai EYD V, sehingga dapat menggugah minat dan perhatian siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas II melalui media pembelajaran flashcard berbantuan teams games tournament. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Sampel dalam penelitian ini yaitu siswa kelas II SDN Karangsari yang terdiri dari sembilan siswa yang diambil dengan teknik purposive sampling. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, studi dokumentasi, dan tes. Analisis data melalui pengumpulan, reduksi, penyajian, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan rata-rata pada siklus I adalah 75,5 termasuk dalam kategori telah mencapai nilai kriteria ketuntasan minimal dengan persentase 55,5%, dan kemampuan menulis pada siklus II rata-rata diperoleh 91,9 termasuk dalam kategori sangat baik dengan jumlah siswa yang menyelesaikan mencapai persentase sekitar 94%. Kesimpulan penelitian ini yaitu penggunaan media pembelajaran flashcard berbantuan teams games tournament dapat meningkatkan kemampuan menulis siswa kelas II SD N Karangsari.

Keywords

kemampuan menulis, media flahscard, teams games tournament

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.