Kajian Literatur: Teknik Gambar Kaligrafi Dalam Art Counseling Untuk Intervensi Stres Belajar Siswa

Mayrizka Yogi Syahputri, Abi Fa'izzarahman Prabawa

Abstract

Peristiwa stres belajar yang dialami oleh siswa menjadi suatu permasalahan yang ada disekolah, sehingga dibutuhkannya layanan intervensi untuk menurunkan sres belajar pada siswa. Tujuan dari artikel ini adalah untuk meneliti layanan art counseling dengan memanfaakan kaligrafi sebagai substisusi tindakan untuk menurunkan stres belajar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah studi kepustakaan ( library research). Prosedur dalam penelitian ini meliputi: 1) Tentukan topik; 2) cari informasi; 3) pilih fokus penelitian; 4) kumpulkan data; 5) siapkan presentasi data; dan 6) buat laporan (Mirzaqon & Purwoko, 2018). Hasil penelitian memberikan konfirmasi atau dukungan terhadap teori yang ada bahwa layanan art counseling dengan teknik gambar kaligrafi mampu menurunkan stres belajar siswa. Stres belajar terjadi ketika siswa merasa tertekan karena tuntutan akademik yang melebihi kemampuan mereka, yang dapat mempengaruhi kesehatan fisik, emosional, dan perilaku mereka. Gejalanya meliputi sakit kepala, kecemasan, dan kesulitan fokus. Berbagai metode seperti konseling dan teknik relaksasi dapat membantu mengurangi stres. Salah satu metode yang efektif adalah art counseling dengan kaligrafi, yang dapat membantu menenangkan pikiran dan merangsang kreativitas siswa.

Keywords

Art counseling, kaligrafi, stres belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.