Inovasi Pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar di Madrasah Ibtidaiyah KHR Ilyas Maduretno

Lu’lu’ Lutfiyatul Khikmah, Safitri Maharani, Ulfa Hidayah

Abstract

Kejenuhan belajar merupakan kondisi siswa yang mengalami kelelahan fisik, mental, dan emosional akibat tekanan belajar. Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan penggunaan strategi pembelajaran kontekstual dan inkuiri dalam mengatasi kejenuhan belajar pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI) kelas 4 di Madrasah Ibtidaiyah KHR Ilyas Maduretno. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas dengan pendekatan kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan datanya mengggunakan wawancara, observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pembelajaran kontekstual mengaitkan materi pelajaran dengan situasi dunia nyata siswa, sementara inkuiri mendorong siswa untuk mencari dan menemukan sendiri materi pembelajaran. Hasil penggunaan strategi ini meningkatan partisipasi siswa dan pemahaman mereka terhadap materi. Penggunaan beragam media pembelajaran yang menggunakan seperti video dan kotak cerita sangat efektif dalam mengatasi kejenuhan belajar. Sehingga kombinasi strategi pembelajaran kontekstual dan inkuiri dapat menjadi solusi untuk mengurangi kejenuhan belajar siswa dalam pembelajaran Sejarah Kebudayaan Islam (SKI).

Keywords

Strategi Pembelajaran, Kejenuhan Belajar, Sejarah Kebudayaan Islam

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.