Pemanfaatan Wordwall sebagai Media Pembelajaran guna Meningkatkan Daya Tarik Belajar Siswa pada Pelajaran Matematika Di SD Negeri 67 Kota Bengkulu

Lecca Mutiara, Neza Agusdianita, Desri Desri

Abstract

Pembelajaran luring menggunakan media Wordwall untuk membantu siswa memahami pelajaran matematika disaat siswa mulai merasa bosan dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk melihat seberapa besar daya tarik belajar siswa kelas IA dengan menggunakan media Wordwall sebagai media pembelajaran matematika. Metode yang digunakan pada penelitian ini yaitu metode kualitatif dengan observasi kelas. Sasaran dari kegiatan ini adalah 30 orang siswa kelas IA di SDN 67 Kota Bengkulu. Hasil penelitian menyimpulkan adanya perubahan sikap pada siswa setelah dilakukannya kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media wordwall. Perubahan tersebut dapat dilihat dari segi keaktifan siswa serta kriteria penilaian observasi diukur melalui beberapa indikator, antara lain yaitu: (a) Keaktifan siswa saat mengikuti kegiatan belajar mengajar dibuktikan dengan banyaknya siswa yang ingin maju kedepan kelas untuk menjawab pertanyaan, (b) Keaktifan siswa saat mengumpulkan tugas pelajaran dengan cepat dan tepat waktu (c) Aktif bertanya terhadap materi yang belum siswa pahami. Kesimpulan dari penelitian ini bahwa penggunaan media wordwall pada pembelajaran matematika bisa meningkatkan daya tarik belajar siswa kelas IA di SDN 67 Kota Bengkulu.

Keywords

Media wordwall, daya tarik belajar, matematika

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.