Penggunaan Multimedia Interaktif dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar

Laili Ulviah

Abstract

Penggunaan multimedia interaktif dalam pembelajaran IPA di sekolah dasar perlu diterapkan sebagai alat bantu dalam proses penyampaian materi dari guru kepada siswa untuk menjadikan siswa lebih aktif dan memiliki keterampilan seperti keterampilan berpikir kritis. Tujuan dari penulisan artikel ini adalah untuk mengidentifikasi dan menganalisis kembali penggunaan multimedia interaktif dalam meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian kajian pustaka menggunakan metode kuantitatif meta analisis dan kualitatif sistematis. Penelitian dilakukan dengan mencari jurnal-jurnal nasional selama 5 tahun taerakhir, ada 10 artikel yang relevan dengan judul yang kemudian dikaji untuk menarik kesimpulan. Hasil dari kajian pustaka ini adalah bahwa ada beberapa model dan pendekatan pembelajaran yang dapat digunakan dalam pembelajaran menggunakan multimedia interaktif untuk meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa, seperti model pembelajaran Problem Based Learning (PBL), inkuiri, dan Discovery Learning, serta pendekatan Science, Environment, Technology, and Society (SETS), Socio Scientific Issues (SSI), dan Science, Technology, Engineering, and Mathematics (STEM). Selain itu, penggunaan multimedia interaktif berpengaruh positif terhadap keterampilan berpikir kritis siswa. Berdasarkan kajian pustaka yang telah dilakukan maka dapat disimpulkan bahwa penggunaan multimedia interaktif dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa sekolah dasar.

Keywords

multimedia interaktif, IPA, berpikir kritis, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.