Pinhole Camera Project: Implementasi Pembelajaran STEAM Berbasis Proyek di Sekolah Dasar

Kiswari Puji Rahayu, Nur Ngazizah, Hendra Pratisnojati Shoheh Muttaqin

Abstract

Pelaksanaan pembelajaran STEAM berbasis proyek masih terbatas dikarenakan masih relatif baru dan seringkali menemui tantangan, seperti kurangnya konteks dalam kehidupan nyata sehingga kurang relevan dan menarik bagi peserta didik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan dan respon peserta didik terhadap pembelajaran STEAM berbasis proyek di sekolah dasar. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif dengan sampel peserta didik kelas V berjumlah 32 yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data melalui observasi, angket, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi, sajian, dan verifikasi data. Pelaksanaan pembelajaran STEAM berbasis proyek di SD Negeri 1 Cangkrep Lor Kab. Purworejo dilakukan melalui tahapan: mengidentifikasi masalah (Ask), membayangkan solusi (Imagine), merancang produk (Plan), membuat produk (Create), menguji produk (Improve), dengan mengintegrasikan aspek STEAM. Diperoleh hasil penelitian (1) Penerapan pembelajaran STEAM berbasis proyek memperoleh nilai dengan kategori sangat baik, (2) Berdasarkan respon peserta didik, pembelajaran yang dilakukan bermakna dan menyenangkan. Disimpulkan pembelajaran STEAM berbasis proyek dapat menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan menarik bagi peserta didik.

Keywords

pembelajaran, proyek, STEAM

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.