Upaya Meningkatkan Hasil Belajar IPA Melalui Proyek Steam di Kelas Empat SD Negeri 18 Indralaya Utara
Abstract
Pembelajaran IPA yang efektif dirancang dan dilaksanakan dengan berorientasi pada siswa serta menekankan pada kemampuan berpikir kritis siswa. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis siswa dengan menerapkan model pendekatan STEAM pada siswa SD Negeri 18 Indralaya Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain Kemmis & Taggart yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan dan observasi, serta refleksi. Sampel penelitian ini menggunakan teknik sampling jenuh, yaitu teknik pengambilan sampel di mana seluruh anggota populasi digunakan sebagai sampel.Teknik pengumpulan data yang dilakukan yaitu dengan observasi pemantauan aktivitas guru dan siswa, serta pengamatan dan tes berpikir kritis. Subjek penelitian adalah siswa kelas 4 SD Negeri 18 Indralaya Utara Negeri 18 Indralaya Utara yang berjumlah 24 siswa semester genap Tahun Ajaran 2023/2024. Penelitian dilakukan selama dua siklus pembelajaran. Hasil belajar siswa pada Pra Siklus hasil belajar 5 siswa dari 23 siswa mendapatkan nilai di atas KKM. Pada siklus I terjadi peningkatan 19 siswa dari 23 siswa mendapatkan nilai di atas KKM. Pada siklus II terjadi peningkatan yang lebih signifikan semua siswa mendapatkan nilai di atas KKM. Dari hasil tersebut, disimpulkan bahwa model pendekatan STEAM efektif dapat meningkatkan hasil belajar siswa, sehingga penelitian ini mampu berkontribusi dalam mengembangkan pembelajaran sains yang aktif, inovatif, dan efektif.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.