Pembelajaran Berbasis Etnomatematika Pada Hasil Belajar Siswa : Tinjauan Literatur Sistematis

Janega Kencana Putri, Neza Agusdianita, Betha Oktariya

Abstract

Penggunaan media pembelajaran yang tepat memiliki peran penting dalam meningkatkan hasil belajar matematika pada siswa sekolah dasar. Salah satu pendekatan yang menarik adalah etnomatematika yang mengintegrasikan budaya lokal dalam pembelajaran matematika. Artikel ini membahas tentang pembelajaran berbasis etnomatematika pada siswa untuk meningkatkan hasil belajar matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengevaluasi pembelajaran berbasis etnomatematika terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan adalah Systematic Literature Review (SLR) dengan membandingkan artikel dan karya ilmiah yang terbit pada rentang tahun 2019-2024 tentang pembelajaran etnomatematika dan media- media yang digunakan dalam pembelajaran terhadap hasil belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran etnomatematika dan pemilihan media yang digunakan dapat membantu meningkatkan hasil belajar siswa. Dengan mempertimbangkan berbagai perspektif dan temuan dari kajian pustaka, artikel ini memberikan landasan yang kuat bagi pengembangan lebih lanjut dalam bidang ini serta mendorong para pendidik untuk mengadopsi pembelajaran siswa melalui media pembelajaran berbasis etnomatenatika.

Keywords

Media Pembelajaran, Etnomatematiika, Hasil Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.