Studi Literatur: Model Contextual Teaching and Learning Berbasis Etnososial dalam Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Hasil Belajar Siswa pada Pendidikan Pancasila Materi Keragaman Budaya

Ismi Fiandari, Murwani Dewi Wijayanti

Abstract

Pada era teknologi yang semakin canggih tidak membuat guru mengikuti arah perubahan yang semakin maju. faktanya banyak guru yang tetap menggunakan metode konvensional saat mengajar. Hal tersebut membuat siswa jenuh dan tidak menstimulasi pemikiran kreatif siiswa. Tujuan dari penelitian ini untuk menganalisis peningkatan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar menggunakan model CTL pada Pendidikan Pancasila materi keragaman budaya. Metode penelitian yang digunakan merupakan studi literatur dengan mengkaji berbagai jurnal dan buku yang berkaitan dengan model pembelajaran CTL berbasis etnososial. Penelitian membuktikan bahwa: 1) Pembelajaran bermakna dengan model CTL dapat memberi kesempatan kepada siswa untuk mengasah keterampilan berpikir kreatif pada Pendidikan Pancasila materi keragaman budaya. 2) Ketika proses berpikir kreatif siswa berjalan dengan optimal maka hasil belajar yang diraih siswa juga akan bertambah baik. Dengan demikian, model CTL berbasis etnososial efektif digunakan untuk mengembangkan keterampilan berpikir kreatif dan hasil belajar siswa dalam Pendidikan Pancasila mengenai keragaman budaya.

Keywords

CTL, Keterampilan Berpikir Kreatif, Hasil Belajar Siswa Pendidikan Pancasila, Keragaman Budaya

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.