Metode Pembelajaran Fishbowl dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Sekolah Dasar

Ibni Mas’ud Wafaur Romadhon

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui sejauh mana peningkatan kinerja akademik siswa sekolah dasar di kelas. Penelitian ini dilakukan dengan mencari sumber informasi dengan menggunakan metode penulisan penelitian tekstual dan metode penelitian deskriptif. Berdasarkan temuan penelitian dan data dari tinjauan pustaka, peneliti menemukan bahwa rendahnya prestasi belajar siswa dipengaruhi oleh banyak faktor, antara lain ketidakmampuan guru memperbarui metode pembelajaran untuk meningkatkan minat belajar siswa tanpa adanya daya berpartisipasi dalam diskusi. Peneliti menemukan bahwa penggunaan metode pembelajaran fishbowl meningkatkan keaktifan siswa. Hal ini dapat dilihat pada penelitian yang mengumpulkan data dari jurnal dan literatur ilmiah lainnya, dan mengubahnya menjadi tabel yang menunjukkan banyak aktivitas pembelajaran lain yang dilakukan siswa yang mempengaruhi hasil belajar. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa metode pembelajaran fishbowl dapat meningkatkan keaktifan dan prestasi belajar siswa.

Keywords

Metode Fishbowl, Keaktifan Siswa, Pembelajaran

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.