Analisis Pendidikan Karakter Berbasis Profil Pelajar Pancasila di SD Negeri Ujungbarang 01 Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap Tahun Pelajaran 2023/2024

Heti Yuniasih, Johar Alimuddin

Abstract

Penerapan pendidikan karakter sesuai kurikulum merdeka merupakan hal yang baru di sekolah

karena kurikulum merdeka baru diterapkan. Penerapan pendidikan karakter di sekolah khususnya sekolah dasar yang menerapkan kurikulum merdeka menarik untuk dikaji. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendidikan karakter yang sesuai dengan profil pelajar Pancasila di SD Negeri Ujungbarang 01 Kecamatan Majenang Kabupaten Cilacap. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengumpulan data dilakukan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan teknik analisis data interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi atau kondensasi data, penyajian data dan penarikan simpulan. Hasil penelitian menunjukkan SD Negeri Ujungbarang 01 menerapkan kegiatan yang dapat menanamkan pendidikan karakter. Karakter yang ditanamkan melalui berbagai kegiatan di SD Negeri Ujungbarang 01 sesuai dengan 6 dimensi Profil Pelajar Pancasila. Semua dimensi profil pelajar Pancasila ada dalam kegiatan pembelajaran tetapi tidak semua elemen di setiap dimensi ada dalam kegiatan pembelajaran yang dilaksanakan di SD Negeri Ujungbarang 01. Berdasarkan hasil penelitian dapat dikatakan bahwa pelaksanaan pembelajaran di SD Negeri Ujungbarang 01 telah menanamkan pendidikan karakter sesuai dengan dimensi yang adapada profil pelajar Pancasila.

Keywords

Karakter, Profil Pelajar Pancasila, Kurikulum Merdeka

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.