Implementation of The Computational Thinking (CT) Approach to Improve Critical Thinking Skills in Class IV B Students at SD ICT Al-Abidin Surakarta

Halimah Halimah, Muh Luthfi Khusnawan, Rahmawati Dwi Subekti, Idam Ragil Widianto Atmojo, Ana Nur Chasanah

Abstract

Penelitian ini bermaksud dengan penerapan pendekatan Computational Thingking dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Subjek penelitian terdiri dari 20 peserta didik kelas 4 B SDICT Al Abidin Surakarta. Teknik pengumpulan data penelitian ini terdiri dari observasi, tes, dan dokumentasi. Triangulasi berfungsi untuk memeriksa validitas pada penelitian ini. Analisis data yang dipakai yaitu model analisis interaktif Miles-Huberman. Siklus pertama dimulai pembelajaran pertama dengan peningkatan 48% dengan rata-rata kelas 73,00 dan pembelajaran kedua mengalami peningkatan 4% dengan rata-rata 75,00. Penelitian ini kemudian berlanjut dengan siklus II diperoleh persentase penguasaan klasikal peserta didik 74% dengan rata-rata 83,00 pada pembelajaran pertama sedangkan pada pembelajaran kedua memiliki persentase penguasaan klasikal peserta didik 87% dengan rata-rata 84,00. Hasil tersebut menyatakan bahwa keterampilan berpikir kritis peserta didik di kelas 4 SDICT Al Abidin Surakarta dapat ditingkatkan melalui penerapan pendekatan Computational Thinking.

Keywords

pendekatan computational thinking, keterammpilan berpikir kritis, sekolah dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.