Penerapan Video Animasi Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar SKI Siswa Kelas IV di MIS Al- Hidayah Karangtanjung

Fitria Maulidaz Zahra, Lulu Lutfiana, Muhammad Nurul Huda Abdullah, Sapto Harsono, Siti Fatimah

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana penerapan video pembelajaran animasi dapat meningkatkan minat belajar SKI, di mana guru hanya menggunakan metode hafalan, ceramah, diskusi, dan tanya jawab dalam kelas SKI IV MIS Al-Hidayah Karang Tanjung karena mata pelajaran ini monoton yang membuat siswa merasa bosan, dan guru perlu menciptakan metode pembelajaran yang menarik agar siswa mencapai tujuan pembelajaran yang efektif dan efisien. Oleh karena itu, video pembelajaran animasi adalah alat yang tepat untuk siswa sekolah dasar. Mengingat semakin meningkatnya kebutuhan akan pembelajaran SKI, tugas penelitian ini adalah mendeskripsikan proses penerapan video pembelajaran animasi. Menggunakan pendekatan studi kasus kualitatif, penelitian ini dilakukan di MIS Al-Hidayah. Metode ini mengungkapkan seluruh keadaan nyata secara alami. Proses observasi, wawancara dengan guru mata pelajaran SKI, beberapa guru, dan dokumentasi, berujung pada pengumpulan data. Instrumen penelitian adalah pengumpulan data, analisis, dan pelaporan hasil penelitian.

Keywords

Video Animasi, Peningkatan, Minat Belajar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.