Implementasi Program Kampus Mengajar di Sekolah Dasar Negeri Kabupaten Tangerang dalam Meningkatkan Kemampuan Literasi dan Numerasi
Abstract
Program Kampus Mengajar merupakan bagian dari kebijakan Merdeka Belajar Kampus Merdeka(MBKM) dari Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. (Kemendikbudristek). Program ini menghadirkan mahasiswa dari seluruh program studi di perguruan tinggi untuk berkontribusi dalam rangka penguatan literasi dan numerasi. Kabupaten Tangerang adalah salah satu daerah penempatan mahasiswa program Kampus Mengajar. Tujuan dari penelitian yang dilakukan adalah melihat bagaimana implementasi program Kampus Mengajar, selain itu melihat bagaimana capaian literasi numerasi siswa di salah satu sekolah dasar di Kabupaten Tangerang. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan uji paired sample t-test dengan peneliti bertindak sebagai observer. Hasil penelitian menunjukan bahwa siswa tertarik dengan pembelajaran berbantukan media pembelajaran dan metode pembelajaran yang dilakukan secara berkelompok membuat pembelajaran sangat efektif sehingga perkembangan keterampilan dan numerasi terdapat peningkatan pada kelompok siswa belum fasih membaca dan semakin baik pada kelompok siswa yang sudah fasih membaca.
Keywords
Full Text:
PDFRefbacks
- There are currently no refbacks.