Pemanfaatan Teknologi Augmented Reality (AR) Sebagai Upaya Peningkatan Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa dalam Proses Pembelajaran IPA Siklus Air SDN 02 Sidayu Kelas V

Aprillia Dewi Riyanti, Firman Wahyu Farudin, Muwarni Dewi Wijayanti

Abstract

Tantangan abad 21 menjadikan keterampilan kreatif menjadi bagian penting dalam meningkatkan pendidikan di Indonesia. Penelitian ini dilakukan guna meningkatkan keterampilan berpikir kreatif peserta didik kelas V SDN 02 Sidayu pada mata pelajaran IPA tentang siklus air dengan media Augmented Reality (AR). Penelitian ini menggunakan metode eksperimen. Dengan menggunakan metode eksperimen, rancangan pembelajaran media AR tentang siklus air, peserta didik akan menjadi lebih kreatif. Teknik pengambilan sampel dengan data peserta didik kelas V SDN 02 Sidayu. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, eksperimen, dan tes. Teknik analisis data menyatakan media pembelajaran 3D berbasis Augmented Reality (AR) efektif meningkatkan kreativitas dan hasil belajar, perbedaan yang signifikan hasil belajar peserta didik sebelum yaitu 39,3% dan sesudah menggunakan media pembelajaran 60,7%. Hasil penelitian ini dapat digunakan sebagai referensi yang baru bagi guru dengan tujuan merancang media pembelajaran IPA yang kreatif dan inovatif. Kesimpulan dengan menggunakan AR untuk mata pelajaran IPA sangat berperan penting dalam pengaruh proses belajar mengajar.

Keywords

Media Pembelajaran, Augmented Reality (AR), Mata Pelajaran IPA, Siklus Air

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.