Peningkatan Kemampuan Menyelesaikan Soal Cerita Pecahan Melalui Metode Drill dan Praktek Langsung pada Siswa Kelas 3 MI Ma'arif Nurul Yaqin Pondokgebangsari Kebumen

Firda Mariska, Neelam Cahya, Siti Rahmayanti, Zidni Hilda, Siti Fatimah

Abstract

Kemampuan menyelesaikan soal cerita pecahan menjadi kemampuan yang penting bagi siswa. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas 3 di MI Ma'arif Nurul Yaqin dalam menyelesaikan soal cerita pecahan dengan menggunakan metode drill dan praktik langsung. Metode yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dalam dua siklus dengan pengumpulan data dilakukan melalui tes, observasi, dan wawancara. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode drill dan praktek langsung dapat meningkatkan kemampuan siswa kelas 3 MI Ma'arif Nurul Yaqin Pondokgebangsari, Kuwarasan, Kebumen dalam menyelesaikan soal cerita pecahan. Hal ini terlihat dari persentase siswa yang memenuhi kriteria ketuntasan dari siklus I sebesar 53,33%, kemudian meningkat 100% pada Siklus II. Sehingga dapat disimpulkan penerapan metode drill dan praktek langsung efektif untuk meningkatkan kemampuan siswa kelas 3 MI Ma'arif Nurul Yaqin Pondokgebangsari, Kuwarasan, Kebumen dalam menyelesaikan soal cerita pecahan.

Keywords

Pecahan, Metode Drill, Metode Praktek Langsung

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.