Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Penilaian Akhir Semester Mata Pelajaran IPA kelas 5 MI Muhammadiyah Beran

Ekti Karimah, Nur Ngazizah

Abstract

Pendidikan sangat penting dalam kehidupan sehari-hari, penelitian ini adalah untuk mengetahui kemampuan berpikir kritis siswa dalam menyelesaikan soal Penilaian Akhir Semester mata pelajaran IPA kelas V di MIS Muhammadiyah Beran dan faktor-faktor yang mempengaruhi kemampuan berpikir kritis siswa kelas V MIS Muhammadiyah Beran. Metode penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini dilakukan dengan beberapa Langkah yaitu:  observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi digunakan untuk mengumpulkan data. Pengambilan data menggunakan instrumen soal uraian Penilaian Akhir Semester (PAS) yang berjumlah 3 butir soal. Hasil pekerjaan siswa diperiksa kemudian dikelompokan menjadi tiga kelompok yaitu tingkat berpikir kritis tinggi, tingkat berpikir kritis sedang, dan tingkat berpikir kritis rendah. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa dengan kategori kemampuan berpikir kritis tinggi mampu memenuhi 5 indikator berpikir kritis, siswa dengan kategori kemampuan sedang mampu memenuhi 3 indikator berpikir kritis dan yang termasuk dalam kategori berpikir kritis rendah hanya memiliki 2 kriteria kemampuan berpikir kritis yang dapat dipenuhi.

Keywords

Berpikir kritis, faktor penyebab, Ilmu Pengetahuan Alam

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.