Pengembangan Permainan Monopoli Story (Monstor) untuk Meningkatkan Kemampuan Literasi Numerasi di Sekolah Dasar

Ejen Jenal Mutaqin, Muhammad Nurjamaludin, Amelinda Myrna Nur Azizah, Ronald Fransyiagu

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan permainan monopoli story (monstor) untuk meningkatkan kemampuan literasi numerasi pada siswa kelas 4 di sekolah dasar. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu Research and Development(R&D) dengan menggunakan tahapan ADDIE. Penilaian kelayakan dilakukan oleh ahli materi, ahli media, dan guru wali kelas. Teknik pengumpulan data menggunakan tes (soal pilihan ganda) dan non-tes (angket). Hasil penelitian menunjukkan permainan monstor dikembangkan dengan menggunakan tahapan ADDIE mendapatkan rerata kelayakan dari ahli materi dan media sebesar 4.50, serta guru wali kelas sebesar 4.52 sehingga ketiganya termasuk ke dalam kriteria “Sangat layak”. Adapun rerata skor uji coba perorangan sebesar 4.51, uji coba kelompok kecil sebesar 4.63 dan uji coba lapangan sebesar 4.62 ketiganya dengan kategori “Sangat baik”. Pengembangan permainan monstor juga berdampak terhadap kemampuan literasi numerasi siswa, hal tersebut dibuktikan dengan hasil uji efektivitas pada skor tes (pretest dan posttest) dengan nilai N- Gain sebesar 0.8105, sehingga diinterpretasikan kedalam kategori “Efektif”.

Keywords

Monopoli Story (Monstor), Literasi Numerasi, Sekolah Dasar

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.