Analisis Keterampilan Proses Sains Murid Kelas V Materi Magnet Pembelajaran IPAS SD Muhammadiyah Purworejo

Dwi Septiana, Nur Ngazizah, Arum Ratnaningsih

Abstract

Keterampilan proses sains merupakan suatu keterampilan dalam pembelajaran, untuk murid dapat mengembangkan pengetahuanya. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis keterampilan proses saisn murid kelas V materi magnet pada pembelajaran IPAS di SD Muhammadiyah Purworejo. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode deskrptif. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, dan angket. Hasil penelitian memperoleh bahwa kategori murid dikelompokan tinggi, sedang, dan rendah dengan menggunakan 6 sampel murid.  Hasil penelitian keterampilan proses sains ada 6 yaitu indikator mengamati, memprediksi, memgklasifikasi, menafsirkan, menyimpulkan, dan mengkomunikasikan. Murid dengan kategori tinggi berkriteria mahir dan cakap. Murid dengan  kategori sedang mampu berkategori mahir, cakap, dan layak. Salah satu murid dengan kategori rendah mampu mencapai kriteria mahir dan layak, sedangkan satu murid kategori rendah tetap masih berkriteria belum berkembang. Simpulan dari analisis yang diperoleh murid kelas V sudah memiliki keterampilan proses sains yang baik.

Keywords

Keterampilan Proses Sains, Ilmu Pengetahuan Alam, Magnet

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.